Back to top

Indonesian and International Recipes

Kue Impor Macaroon

Share on :

Kue Impor Macaroon


Ada cemilan impor ( bukan asli dalam negeri ) namanya Macaroon, sebenernya udah lama sih masuk Indo, udah pernah booming, tapi kaya nya sekarang booming lagi. Mungkin karena di keluarga besar saya yang sudah memasuki generasi ke 3 mulai mengenal jenis - jenis makanan impor hehehe...

Singkat aja, banyak sekali blog yang mengulas asal dari kue macaroon ini, jadi rasanya ngga perlu diulas lagi yaaaa....

lucu dan imut nya macaroon

Untuk membuat kue macaroon ini, harus disiapkan
400 gr Icing sugar
100 gr Putih telur
2 sdm Tepung maizena
50 gr Bubuk almond, ayak
¼ sdt Garam halus
½ sdt Pasta stroberi / pewarna merah muda
 
Bahan Isi Kue Macaroon :
1 btr putih telur
4 sdm gula halus
1 sdm air jeruk nipis

Cara Membuat Kue Macaroon :
Mixer putih telur dengan icing sugar dan garam halus hingga mengembang dan kaku.
Lalu masukkan tepung maizena, bubuk almond dan pasta stroberi ke dalam adonan putih telur, di aduk sebentar hingga adonan tercampur rata.
Siapkan loyang kue yang diolesi dengan margarin. Kemudian masukkan adonan macaroons ke dalam piping bag / plastik corong segi tiga dan gunting bagian ujung plastiknya.
Semprot / bentuk adonan ke atas loyang hingga membentuk bulatan. dan diamkan di dalam suhu ruang selama 1 jam hingga adonan melebar.
Oven adonan dalam suhu 160 derajat celcius selama 15 menit.
Setelah 15 menit, buka pintu oven, biarkan selama 3 menit. Kemudian panggang kembali dengan menggunakan temperatur 130 derajat celcius selama 25 menit atau hingga kue benar-benar matang dan kering. Lalu angkat.
 
Diamkan adonan hingga menjadi dingin. Setelah itu keluarkan kue dari cetakkan. Ambil satu buah macaroon lalu olesi dengan bahan isi dan kemudian tutup dengan macaroon yang lain.
Sajikan dan Simpan macaroons di dalam toples kedap udara.
 
Cara Membuat isi Macaroon :
Kocok putih telur, gula halus dan air jeruk nipis hingga semua bahan tercampur rata dan berwarna putih. Sisihkan. 
Isi siap digunakan.
Untuk 20 Buah

Saran Agar Kue Macaroon Bagus dan Berhasil :
Jangan menggunakan gula halus karena itu akan menghasilkan macaroon dengan warna kusam dan bertekstur kasar. Lebih baik menggunakan icing sugar, jenis gula ini bisa di beli di toko bahan kue.
Pastikan mixer dan mangkuk adonan dalam kondisi kering, karena dengan adanya air di dalam mangkuk atau mixer bisa menyebabkan kocokan putih telur tidak mengembang dengan baik.
Jangan memanggang / meng oven kue ini dalam suhu terlalu panas atau diatas 200 derajat karena akan menyebabkan permukaan kue menjadi retak namun bagian dalamnya masih lembab.
Isi kue macaroons bisa diganti sesuai selera, misalnya dengan pindakas, selai, coklat pasta, whipped cream, butter cream, cream cheese, atau yang lainnya .

Gula kastor atau caster sugar adalah jenis gula halus yang memiliki tekstur sangat lembut. Bisa Anda dapatkan di berbagai toko bahan kue.
Gula icing atau icing sugar adalah gula halus yang dirancang khusus dengan zat anti kepal agar tidak mudah menggumpal.
Tepung almond atau almond meal adalah tepung khusus yang dibuat dari almond. Bisa Anda dapatkan di berbagai toko bahan kue.